Mau Bangun Rumah Di Lahan Yang Miring, Perhatikan Hal-hal Berikut

Posted on
Sekarang ini mencari lahan yang cukup luas untuk mendirikan sebuah rumah sudah terbilang cukup sulit. Apalagi di kota- kota besar seperti rumah dijual di bandung, rasanya kita nyaris tidak menemukan lahan yang cukup membangun rumah. kalau pun ada pasti lokasinya kurang mudah untuk diakses. Kita tentu inginkan rumah yang lokasinya strategis. Baik itu untuk keperluan pribadi keluarga, maupun untuk keperluan bisnis. Di daerah puncak, atau di daerah- daerah pegunungan pun sekarang sudah banyak yang memangun rumah. Lalu bagaimana cara kita membangun rumah di lahan yang miring? 
Rumah Di Lahan yang Miring
Kemiringan lahan di pegunungan bisa mencapai lebih dari empat puluh lima derajat. Waw.. bagaimana cara kita membangun rumah agar tetap kokoh dan aman di tanah yang lereng seperti itu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal ini. Pertama,  membangun rumah di lahan yang miring pasti membutuhkan pondasi yang kuat. Pondasinya harus diperhatikan, mulai dari material bahannya, ketebalannya, hingga konstruksinya. Kedua, membangun rumah di lahan yang miring bukanlah hal yang mudah. Komposisi desain yang sesuai sangat diperlukan dalam hal ini. Jangan sampai kita membangun rumah bertingkat yang terlalu tinggi. mengingat struktur tanah di lahan miring mudah sekali berubah. 
Ketiga, rumah- rumah di lereng gunung atau perbukitan biasanya tidak begitu memerlukan ornamen eksterior yang terlalu berlebihan. Lokasi yang menyatu dengan alam dan banyak pepohonan di sekitar sudah memberi nilai plus bagi rumah- rumah yang berada di daerah pegunungan. Jika ditambahkan ornamen terlalu banyak, maka akan membuat rumah tersebut terlihat pengap dan gelap. 
Tapi, secara keseluruhan rumah- rumah di daerah pengunguna yang notabene lahannya miring itu memiliki daya tarik tersendiri loh. Rumah yang dibangun di atas lahan yang miring akan memiliki sisi rumah yang lebih tinggi dari sisi lainnya. sehingga membuat rumah tersebut terlihat bertingkat. Selain itu daya dukung pesona alam juga menambah nilai keindahan rumah tersebut. Hmm.. pantas saja ya rumah- rumah di daerah tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.