PEKKA Guide, Tips, Dan Strategies

Posted on
PEKKA adalah pasukan Clash of Clans terkuat dan final yang bisa diproduksi oleh barrack. Unit ini adalah rival sejati dari Dark Elixir dalam hal kekuatan meskipun hanya menggunakan elixir saja. Training dalam waktu yang lama, biaya yang tinggi dan membutuhkan Town hall level 10 memastikan bahwa PEKKA tidak akan sering digunakan secara regular, walaupun dalam penggunaan farming, mencari trophies, dan wars.

Dalam Panduan PEKKA kali ini kita akan membahas semua aspek dari unit ini, dari basic statistic dan upgrade level sampai strategies yang digunakan dalam semua mode supaya PEKKA ini menjadi lebih efektif.

PEKKA mempunyai tingkat health yang sangat tinggi dan juga damage yang tinggi, namun pergerakannya pelan dan mempunyai serangan yang sangat lambat. Kecepatan PEKKA dalam suatu penyerangan 2.5 detik memastikan bahwa PEKKA membutuhkan waktu untuk mencapai bangunan atau wall yang diserang.

PEKKA Strategies
PEKKA Guide, Tips, dan Strategies
PEKKA akan menghancurkan semua bangunan yang dijumpai hanya dalam 1-2 serangan pada level tertentu dan dapat menghancurkan dinding dengan sangat cepat. Sebuah PEKKA dibawah efek RAGE spell akan menghancurkan wall dalam hitungan detik. Inilah yang menjadikan PEKKA salah satu unit pasukan terhebat di game Clash of Clans besutan Supercell sebagai android developer

PEKKA yang memiliki health tinggi membuat dia superior terhadap tower yang menyerangnya seperti Wizard Tower dan Mortar, namun jika berhadapan dengan Hidden Tesla akan mendapat damage double.

PEKKA  Information Dasar, Statistics, and Levels

Training Time: 45 minutes
Supply Cost: 25
Movement Speed: 16
Targets: Ground
Preferred Target: Any
Barracks Required: Level 10


PEKKA Strategy Clash of Clans 


Berhubung PEKKA yang mempunyai tingkatan health yang sangat besar dibanding Giants dan Golem, menjadikan dia sangat berguna sebagai unit tempur secepatnya. Kenapa penulis berkata seperti itu karena sangat lama waktu yang dibutuhkan untuk upgrade barrack dari level 9 ke level 10.

PEKKA juga membutuhkan biaya pembuatan yang tidak murah untuk upgradenya, dari level 1 ke level 2 merupakan salah satu yang paling mahal dan bisa dilakukan jika sudah Town Hall 8. Setelah itu level 2 menuju 3 adalah yang paling mahal.

Training dari unit pasukan ini PEKKA memerlukan waktu yang lama dan kayaknya paling lama dari unit lainnya yaitu 45 menit dan harga yang termahal pula jika dibandingkan dengan unit unit darat lainnya seperti wizard, wall breaker.

PEKKA clash of Clans
PEKKA Guide, Tips, dan Strategies


PEKKA Untuk Farming


PEKKA hanya digunakan untuk farming jika pemain TH8 dan TH9 sudah tidak menggunakan elixir dan masih membutuhkan Dark Elixir sebelum heroes mereka (barbarian King dan Archer Queen) mencapai level maksimal.

 PEKKA bekerja sangat baik untuk farming Dark Elixir karena dua alasan. Pertama pemain TH8 dan TH9 belum mempunyai Inferno Tower dan jarang sekali ada yang mengupgrade Tesla Tower (kelemahan PEKKA paling utama). Kedua, kebanyakan pemain mempunyai Dark Elixir yang ditempatkan didekat Clan Castle dan berada ditengah tengah base mereka.  Hal tersebut akan menjadi keunggulan dari PEKKA karena PEKKA akan menghancurkan wall dan mentargetkan unit tempur di Clan Castle. Gunakan Rage spell sebagai bantuan unit tempur tersebut supaya mempermudah proses penyerangan.

Gabungkan PEKKA dengan Giants bersama battalion tempur wizard atau archer, wall breakers, dan mungkin healer. Pastikan untuk menggunakan archer atau wizard untuk menjatuhkan bangunan defence (minions juga bisa digunakan untuk tujuan ini) sehingga PEKKA akan mencari target sasaran yang lebih dekat.

PEKKA di War Battles


Dalam Warclan yang seru, PEKKA akan menjadi pengalih yang sempurna dan dapat diturunkan di luar base musuh untuk menghancurkan bangunan terluar. Beberapa PEKKA dapat memberikan tameng sempurna untuk Hogrider jika memang mencari 3 bintang, namun jangan habiskan DE secara berlebihan kecuali dalam warclan.

PEKKA  Strategies
PEKKA Guide, Tips, dan Strategies
Alternativenya, pasukan darat yang melibatkan PEKKA, Wizard atau Archer, Healers, dan wall breaker dapat menjadi solusi efektif dalam komposisi pasukan di Warclan.

PEKKA dan Inferno Tower


Seperti unit tempur lainnya, PEKKA perlu berhati hati disekitar Inferno Tower jika tower pertahanan tersebut disetting dalam mode single target, karena dalam mode ini bisa dipastikan Inferno Tower akan menghancurkan PEKKA dalam 6 detik atau lebih. Silakan cek dulu apakah inferno Tower tersebut disetting dengan melihat atasnya yaitu orb. Jika itu berbentuk bola merah besar, maka itu disetting single target mode. Jika ada beberapa bola kecil, maka itu disetting multi target, silakan cek dengan zoom untuk lebih memperjelas.

PEKKA dan  Spells


PEKKA akan sangat terbantu dengan satu spell saja yaitu RAGE spell. Kemampuan yang bertambah akan memastikan PEKKA bergerak dengan cepat dari target ke target lainnya, sementara damage juga akan bertambah sehingga memungkinkan untuk one hit one target sedangkan untuk menghancurkan wall akan dalam waktu yang singkat. Tidak perlu menggunakan FLOAT spell karena cukup dengan RAGE spell maka dampaknya sudah sangat hebat.

PEKKA sebagai Unit Clan Castle


PEKKA bukanlah unit pasukan yang hebat di Clan Castle. Meskipun dia adalah unit tempur yang hebat, masalah dasarnya adalah pergerakan yang slow dan sangat pelan dalam menyerang sehingga tidak akan maksimal jika menggunakan PEKKA dalam Clan Castle war. Sehingga tidak direkomendasikan jika dijadikan unit pertahanan di Clan Castle war.  Sedangkan jika digunakan dalam unit Clan Castle untuk kegiatan ofensif atau menyerang, PEKKA sangat direkomendasikan.

Pekka Guide, Tips dan Strategy diatas merupakan gambaran umum dari penggunaan Pekka sebagai unit tempur di game clash of clans. Semoga bermanfaat dan baca pula artikel Cara Menggunakan Spell Factory di COC

Postingan terpopuler:

  • apakah menara jam berpengaruh terhadap mode siang coc
  • base th 8 melindungi gold elixir dan dark elixir anti valkry
  • lihat bs th8 pertahanan udara / darat yg rumit bingit