Prestasi Indonesia – Siswa Indonesia Juara Di INESPO Belanda

Posted on
INESPO – Indonesia kembali menorehkan catatan sejarah yang manis dengan diwakili oleh putra-putri bangsa ini. Tidak tanggung tanggung lagi, para pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Beberapa wakil Indonesia berhasil menyabet berbagai gelar dari emas, perak, dan perunggu. Seperti apa dan siapa sajakah peraih gelar yang membanggakan Indonesia itu, mari kita simak yang berikut ini
Galih Ramadhan dan Syaits Asyam dari SMA Kesatuan Bangsa berhasil mempersembahkan medali emas lewat karyanya yang berjudul “Treatment of oil spill by buffing dustas an efficient absorbent” di International Environment Sustainability Project Olympiad (INESPO) 2014 yang digelar di Zuid Holand pada 7 Juni lalu. Belanda menjadi tuan rumah bagi peserta yang berasal dari 45 negara dan 150 topik yang dipresentasikan.
Agung Pratama dan Ratri Mauluti Larasati dari SMA Negeri Sumatera Selatan yang mempresentasikan gagasan berjudul “The Waterproof Plasterboard”  berhasil mendapatkan medali perak. Adapun Emilia Astagina Isbono dan Wani Riselia Sirait dari SMA Kharisma Bangsa, Jakarta mendapatkan medali perunggu dengan topik “Simple way to distinguish fresh and used unbranded cooking oil by using betadine.”
Olimpiade kelestarian lingkungan ini diselenggarakan untuk mempertemukan calon-calon ilmuwan masa depan yang memiliki kepedulian dan gagasan cemerlang untuk melestarikan lingkungan. Acara penutupan dan pengumuman pemenang dilaksanakan di Lucent Theatre, Den Haag, juga menghadirkan pembicara kunci Rector Magnificus University van Amsterdam, Prof. dr. D.C. van den Boom.

Ketiga tim yang berhasil meraih tiga medali tersebut diterima oleh Duta Besar RI Ibu Retno L.P. Marsudi di KBRI Den Haag. Dalam kesempatan tersebut Ibu Duta Besar memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diukir oleh generasi muda Indonesia, khususnya dalam bidang pelestarian lingkungan, serta menyampaikan harapan agar gagasan yang mereka kembangkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi penyelesaian masalah lingkungan yang dihadapi di Indonesia.
Selamat bagi pemuda pemudi bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Mari kita buktikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang hebat dan kuat di masa kedepan. 

Sumber: kemlu.go.id (10/6/2014)

Postingan terpopuler:

  • tim base war th 10 terkuat di kejuaraan
  • gelar titan dapat apa coc
  • nama sambungan wedon kren